Skip to content
Juni 8, 2009 / Adilahat

Tips Bekerja dengan Tenang

  • Kembangkan Penampilan yang Tenang. Berdiri dengan santai, dagu tidak tegang, wajah yang tersenyum, dan jari-jari yang terbuka.
  • Bawa Sebuah Buku Kecil. Dua alat yang memiliki kekuatan paling hebat untuk mengatasi stress dalam kehidupan yang sibuk adalah sebuah pena dan buku kecil. Tuliskan kekhawatiran Anda, dan lihatlah bagaimana kekhawatiran itu memudar. Tulis juga apa yang Anda ingin raih hari itu, dan lihat semua tugas Anda mulai terangkai dan tersusun baik.
  • Bersikap Kejam Terhadap Kertas. Singkirkan sampah-sampah informasi yang tidak perlu dengan membuang kertas bekas ke tong sampah, sesering mungkin.
  • Meremas Bola. Remaslah sebuah bola karet untuk membantu meredakan ketegangan syaraf yang bertumpuk di jari-jari tangan Anda.
  • Kedamaian dalam Vas Bunga. Alam memiliki cara sendiri untuk menyembuhkan berbagai hal, terutama perasaan tertekan dan tegang. Bagi Anda yang tidak mempunyai alergi, sebuah vas yang berisi bunga warna-warni atau tanaman bunga dalam pot dapat menghubungkan anda dengan kekuatan alam tersebut.
  • Hindari Cahaya Menyilaukan. Lampu-lampu elektrik, televisi, komputer, dan jenis lampu lainnya semuanya menghadirkan perasaan tegang. Anda dapat menggantikannya dengan peralatan elektronik lain, seperti sebuah generator ion negatif.
  • Istirahat Lebih Cepat. Memang betul apa yang sering dikatakan Ibu: satu jam sebelum tidur sebelum tengah malam sama nilainya dengan dua jam tidur setelahnya.
  • Selalu Menyimpan Data. Agar selalu dapat merasa tenang saat menggunakan komputer, ciptakan kebiasaan untuk menyimpan data cadangan pekerjaan ada secara rutin.
  • Hirup Aroma Wangi. Beberapa aroma menstimulasi produksi senyawa kimiawi di dalam otak yang bersifat menenangkan, yaitu serotonin. Wangi-wangian yang paling efektif di antaranya adalah lavender dan kamomil.
  • Singkirkan Kopi. Walaupun biasa dikonsumsi pada suasana santai, sebenarnya kopi menambah tingkat ketegangan, bahkan selama berjam-jam setelah meminumnya. Carilah minuman pengganti yang bebas kafein, lebih baik perbanyak air putih.
  • Bertelanjang Kaki. Hal pertama yang peru dilakukan saat memutuskan untuk bersantai adalah membuka sepatu. Jadi singkirkan sepatu dan bersantailah.

Nah temen2, tuh beberapa tips biar bekerja dengan tenang. Sebenernya masih banyak lagi yang lain tapi itu masih tegantung dengan perasaan kita masing2.

Sumber:

Buku Bekerja dengan Tenang Karya Paul Wilson. (Edisi ini diterjemahkan dengan izin dari Penguin Books Australia, Ltd., tanggal 27 Desember 2004 oleh ESENSI, divisi dari Penerbit Erlangga, untuk diterbitkan dan diperdagangkan di Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: